4 HANTU PALING POPULAR DI TANAH BUGIS INI BAKALAN MENGINGATKAN KAMU PADA MASA KECIL. JANGAN PURA-PURA LUPA YAH!

(source image: http://files.gamebanana.com)

Hus, santai saja sappo! Saya menulis artikel ini bukan untuk menakut-nakuti, cuman mengajak kalian bernostalgia sejenak betapa kayanya budaya kita sehingga hal-hal mistik juga sangat eksis loh. 
Yuk langsung saja kita simak daftar 4 hantu paling popular di tanah bugis.


1TALIMPAU
(source image: https://4.bp.blogspot.com)

Talimpau ini sering digambarkan sebagai hantu berwatak bayangan hitam yang sangat tinggi serta hobi menculik anak-anak. Biasanya kalau magrib, orang di rumah sering berteriak, nak masuk kerumah segera! Kalau tidak ada Talimpau bakalan culik kamu (nala ammako Talimpau).

Konon katanya, anak-anak yang diculik biasanya akan dibawa ke pohon tinggi seperti pohon kelapa, kemudian diberikan makanan atau permen yang sejatinya dari hal tidak lazim seperti cacing tanah, kecoa, kaki seribu bahkan kotoran kuda dan hewan lainnya loh. Hem! kalau menurut aku, sisi positif keberadaan hantu jenis ini, bisa membuat anak-anak bandel pulang kerumah dan fokus kerja PR buat besok heheheh


2. ASU PANTENG/PANTING
(source image: https://essowenni.files.wordpress.com )

Keberadaan Asu panteng atau asu panting ini bagi saya sangat misterius. Waktu kecil saat pertama kali mendengar kata “Asu Panteng”, saya membayangkan sebatas jenis Anjing yang kesehariannya ma’jujung/membawa Panteng/Ember di Kepalanya, guna membawa air dari sumur. Hahahahhaha ada-ada saja khayalan masa kecil.

Namun konon, sosok misterius ini mempunyai bulu-bulu sangat halus (bukan bulu halus lain loh yah :P). Jika menginjak bulunya, kaki akan bengkak dan susah disembuhkan. Nah, kalo kamu kena penyakit DIABETES terus berkunjung di tanah bugis, beberapa pasti akan mengkalim kalo kamu pernah menginjak bulu-bulu asu panteng loh. Waspadalah!


3. POPPO
(source image: https://upload.wikimedia.org)

Pok, pok, pok!!! Begitu kira-kira bunyi Poppo saat lagi beraksi guys. Menurut cerita setempat, jenis mahluk ini hobinya travel malam, kemana-mana dengan hanya kepalanya saja yang terbang. Tujuan utamanya mencari buah-buahan untuk di makan. Kandang juga mencari bayi manusia buat di santap guys.

Kata orang sih, hantu ini merupakan implementasi dari aliran hitam yang mencari kekekalan abadi atau memperbayak harta dll. Sampai sekarang jenis ini masih sangat populer loh di suku bugis. Penulis berharap bisa bertemu langsung Poppo guna mewawancarai lebih mendalam tentang motivasinya jadi Poppo hehehehehe (bisa jadi).


4. PARAKANG
(source image: http://segiempat.com)

Dimana ada Parakang, di situ ada Poppo. Mengapa? Faktanya jika orang bugis lagi cerita Poppo, pasti sahabatnya (parakang) ikut juga di gosipin degan istilah “Peppo Na Parakang” atau “Parakang Na Peppo”. Saya tidak tahu sejak kapan mereka dijodohkan. Barangkali karena mereka berdua konon sama-sama punya visi misi yakni mencari kekekalan kali yah. Hehehhe.

Menurut cerita tetangga saya yang curiga ada parakang yang hidup di kampung kami, Parakang konon merupakan siluman dengan kuku yang tajam, suka mangiso pello/pallo, memburu orang sakit dan bayi, bisa merubah bentuk seperti baku-baku ayam, pohon pisang dan lain. Kegiatan ini sering dilakukan di malam hari, meski kadang di siang hari juga. Katanya, kalo kamu curiga ada pohon pisang jelmaan parakang, pukul saja dengan hitungan ganjil misalnya satu kali pukul, tiga kali, ataupun lima kali. Sebab jika kamu pukul dengan bilangan genap, niscaya Parakang kembali kuat.

Itulah kira-kira 4 hantu terpopuler di kalangan suku bugis. Jika kamu masih punya nama-nama hantu bugis yang masih populer di kampung kamu, jangan lupa kasi komentar di bawah terus kasi sedikit penjelasan apa peran dan tanggung jawabnya hehehehe biar nambah-nambah pengalaman kan guys.
Jangan lupa di share yah! Salama to pada salama sappo.

Comments

  1. The 10 Best Casino Sites in the UK for Real Money - LuckyClub.live
    Play Real Money Slots. If you're looking for a great selection of free online slots games, then we've luckyclub.live got you covered. Here's our list of the best sites

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

6 ALASAN MENGAPA JANDA SANGAT IDOLA DIKALANGAN PRIA BUGIS. ALASAN KE 5 SANGAT POPULER!

WOW, 4 RAHASIA KUNCI KESUKSESAN ORANG BUGIS YANG MENDUNIA. KAMU ORANG BUGIS? WAJIB BACA!